PENGERTIAN PASAR
Pasar dalam arti sempit adalah
tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengeadakan transaksi jual-beli
barang dan jasa. Namun seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi yang
menyebabkan transaksi dapat dilakukan tanpa mempertemukan penjual dan pembeli
secara langsung, maka muncul pengertian pasar dalam arti luas, yaitu proses
interaksi penjual dan pembeli untuk mencapai harga pasar.
Contoh pasar dalam arti yang
sangat luas yaitu pasar saham, pasar uang, penjualan via internet dan surat
kabar yang dilanjutkan dengan interaksi melalui telepon.
Pada pasar, ada perusahaan
yang menjadi pemain tunggal dan ada pula yang terdiri dari beberapa perudahaan
produksi barang dan jasa. Ketika perusahaan bermain di dalam pasar, kemungkinan
untuk memepengaruhi dan membentuk harga pasar dapat dilakukan oleh perusahaan
yang menguasai (memonopoli). Hal tersebut terkait dengan keanekaragaman jenis
barang, kebebasan perusahaan keluar masuk pasar, dan jumlah perusahaan yang menjual produknya di pasar.
Syarat-syarat terbentuknya pasar:
- Terdapat penjual dan pembeli
- Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan
- Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli atau tawar menawar antara pembeli dn penjual
Ada
tiga fungsi yang mendasar pada keberadaan pasar, yakni :
- Fungsi Distribusi maksudnya pasar berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
- Fungsi Pembentukan Harga maksudnya pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
- Fungsi Promosi maksudnya pasar digunakan sebagai ajang promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel, dll.
Adapun
pasar memeiliki peranan, sebagai berikut :
- Sebagai tempat untuk mempromosikan barang.
- Sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
- Sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi.
- Memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang kebutuhan
- Sebagai tempat bagi konsumen untuk menawarkan sumber daya yang dimiliki
- Sebagai penunjang kelancaran pembangunan
- Sebagai sumber pendapatan negara
0 Response to "Pasar"
Post a Comment